14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan – Jelly gamat berasal dari sari teripang laut yang sedah digunakan sebagai bahan obat-obatan sejak zaman dahulu.Teripang merupakan hewan laut kecil sejenis bintang laut yang merupakan anggota Filum Echinodermata, Subphylum Echinozoa dan anggota dari kelas Holothuroidea.Sejak zaman dahulu teripang merupakan salah satu makanan pokok di beberapa negara seperti Jepang, Cina, dan beberapa negara bagian Asia lainnya. Sekarang ini teripang banyak digunakan sebagai supplement makanan di negara-negara Barat.

14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

Ekstrak Gamat merupakan salah satu jenis produk yang memiliki keampuhan dan sangat efektif untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Ia biasanya disajikan dalam bentuk oral maupun topikal. Jelly gamat merupakan obat alami yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh guna melakukan penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teripang dapat membantu  meningkatkan keseimbangan prostaglandin dalam sel-sel tubuh untuk mengatur proses inflamasi. Jelly gamat sangat cocok digunakan untuk semua kelompok umur. Adapun beberapa manfaat dari Jelly Gamat adalah :

  1. Pengobatan osteoarthritis (pengapuran sendi)

Merupakan suatu penyakit kronis yang biasanya terjadi pada sendi maupun tulang di sekitar sendi tersebut. Kandungan Mucopolysaccharides yang juga dikenal sebagai proteoglikan dan glucosamines dapat meningkatkan elastisitas tulang rawan sehingga dapat mengurangi gejala osteoarthritis. Selain dalam jelly gamat, kandungan Mucopolysaccharides dapat ditemukan dalam babat, tiram, oat, lumut Irlandia, kerang, trakea betis, lidah dan okra.

  1. Untuk menyembuhkan luka

Kandungan glukosamin sulfat yang terdapat dalam jelly gamat juga baik untuk penyembuhan luka, baik di tangan, kaki, maupun bagian tubuh lainnya. Anti-inflamasi dalam manfaat jelly gamat dapat mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan luka, serta mengaktifkan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.

  1. Pengobatan reumatic

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan University of Queensland menunjukkan bahwa ekstrak jelly gamat berfungsi sebagai anti inflamasi dan membantu membangun kembali sendi rematik. Studi lain yang dilakukan oleh direktur medis dari Biomedical Revitalisasi Pusat Lawrence, New York bernama Dr. Mitchell Kurk menunjukkan adanya peningkatan hingga 70% dalam pengobatan pasien yang mengalami gangguan rematik dengan penggunaan ekstrak teripang.

  1. Mengobati pendarahan internal

Jelly gamat yang terbuat dari ekstrak Golden Stichopus Variegatus sangat efektif untuk menghentikan perdarahan secara tuntas serta aman tanpa efek samping apapun, seperti perdarahan pada tungkak lambung maupun lambung, serta perdaran yang terjadi usai proses melahirkan.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh organ hati yang berfungsi untuk membantu membangun dan memelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk ke dalam tubuh tanpa kendala. Kolesterol secara alami terdapat dalam dinding sel atau selaput di mana-mana di dalam tubuh, termasuk otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, dan jantung. Dalam kondisi normal pula kolesterol berfungsi sebagai pembangun dan pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tidak kendala.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Jika kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal tersebut, maka hal itu dapat memicu berbagai macam penyakit maupun masalah kesehatan lainnya. Kandungan omega 3 serta omega 6 yang terdapat pada jelly Gamat memiliki khasiat untuk mengatur sistem metabolisme tubuh serta dapat menurunkan resiko gejala penyakit yang disebabkan adanya kolesterol yang tinggi seperti penyakit jantung,hati dan ginjal.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Gangguan hipertensi dapat mengakibatkan meningkatnya resiko seseorang untuk mengalami gangguan stroke, bahkan kematian. Dengan mengkonsumsi jelly gamat secara teratur, dapat membantu menurunkan tekanan darah terutama pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi. Manfaat jelly gamat ini pada akhirnya hal tersebut dapat menjauhkan seseorang dari gangguan stroke, serta berbagai komplikasi akibat hipertensi.

  1. Untuk mengobati diabetes mellitus

Diabetes terjadi akibat tidak terkontrolnya gula darah dalam tubuh seseorang. Selain itu, pola hidup seperti stress, kurang gerak juga dapat memicu peningkatan resiko diabetes mellitus. Jelly Gamat mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu untuk menetralisir tingkat gula darah. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu agar jantung dapat berfungsi secara normal. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

Jelly gamat juga dapat membantu proses pembersihan darah dari berbagai bentuk racun yang masuk ke dalam tubuh, menyehatkan sel-sel serta syaraf tubuh. Meningkatkan sistem imunitas, menyembuhkan penyempitan pembuluh darah, membersihkan kapiler pembuluh darah dari zat-zat yang merugikan. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

  1. Mencegah kanker

Kandungan saponin serta lektin yang terdapat dalam jelly gamat memiliki sifat anti-kanker serta anti-tumor yaitu dengan cara menonaktifkan perkembangan sel tumor. Merontokkan sel tumor tanpa merusak jaringan lain, serta mampu untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mengurangi kekentalan darah. Hal ini sangat baik untuk membantu mengobati dan mencegah terjadinya beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, maupun jenis kanker yang lain.

Menurut penelitiain yang dilakukan oleh Prof. Aleli Gana dan Dr. Florinia Merca dari Fakultas Kimia, University of the Philippines, telah menyatakan bahwa senyawa lektin yang terdapat dalam jelly gamat mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh yaitu dengan cara menggumpalkan serta menghadang pertumbuhan sel kanker. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan otak dan jantung

Manfaat jelly gamat untuk kesehatan mengandung asam lemak seperti EPA dan DHA yang juga dimiliki oleh beberapa spesies ikan. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk membantu menjaga  kesehatan organ otak dan juga jantung. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

  1. Menyembuhkan anemia

Anemia merupakan sebuah penyakit umum yang sering terjadi dimana hal tersebut diakibatkan oleh produksi sel-sel darah merah dalam tubuh yang menurun. Kandungan mineral seperti potassium, fosfor, kromium, magnesium, kalsium, zat besi, serta sodium yang terdapat pada teripang laut dapat bermanfaat untuk membantu menghasilkan sel-sel darah merah dalam tubuh sehingga nantinya dapat mencegah gangguan anemia. Selain itu kandungan mineral yang terdapat dalan jelly gamat dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon, enzim, serta sistem kelenjar dalam tubuh. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

  1. Mencegah infeksi bakteri

Kandungan berbagai macam vitamin serta lektin yang terdapat dalam jelly gamat, mampu bertindak sebagai antiseptik alami, sehingga dapat menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetapa sehat. Hal tersebut nantinya akan dapat membantu tubuh untuk melawan terjadinya berbagai macam bentuk infeksi akibat virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

  1. Mengobati impotensi

Impotensi atau disebut dengan disfungsi ereksi merupakan gangguan gairah seksual pada pria biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan pembuluh darah, penggunaan obat-obatan, maupun faktor-faktor lainnya. Kandungan saponin yang pada manfaat jelly gamat untuk kesuburan, dipercaya mampu bertindak sebagai perangsang gairah seksual pada pria sehingga dapat mencegah timbulnya impotensi.

  1. Mengobati sembelit

Kandungan Vitamin A, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), dan B3 (Niacin) yang terdapat dalam jelly gamat. Hal ini berfungsi untuk melancarkan sistem metabolisme serta membantu memelihara kesehatan fungsi sistem tubuh secara keseluruhan. Selain itu, juga sangat berpengaruh pada pengobatan gangguan susah buang air besar atau biasa dikenal dengan nama sembelit.

  1. Sebagai tonik untuk menunjang kesehatan tubuh secara umum

Di negara Cina, teripang telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan makanan sehari-hari yang dipercaya sebagai tonik kesehatan umum terutama untuk orang-orang yang memiliki gangguan nyeri kronis sendi serta tendonitis, keseleo, stres ligamen, arthritis, serta untuk meningkatkan umur panjang.

Kandungan Nutrisi Jelly Gamat

Dari berbagai jenis penelitian yang telah dilakukan telah melaporkan bahwa ekstrak gamat merupakan obat yang serba guna serta dapat berperan sebagai antiseptik yang sangat efektif. Adapun beberapa kandungan dari ekstrak gamat antara lain :

  • Mucopolysaccharides, yaitu rantai panjang dari molekul gula yang ditemukan di seluruh tubuh, sering dalam lendir dan cairan di sekitar sendi.
  • Chondroitin sulfat, yaitu senyawa glikosaminoglikan tersulfasi yang tersusun dari rantai gula yang saling bergantian yang biasa ditemukan saling berikatan dengan protein sebagai bagian dari proteoglikan. Condroitin sulfat merupakan konstituen utama dari tulang rawan yang menyediakan struktur, menyimpan air dan nutrisi dan memungkinkan molekul-molekul lain untuk bergerak melalui tulang rawan. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan
  • Jelly gamat juga memiliki kandungan protein seperti Omega 3 dan Bio Efektif Ingredient yang cukup tinggi, yaitu mencapai 82%. 14 Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan
  • Jelly gamat juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) dan vitamin C.
  • Jelly gamat kaya akan mineral alami seperti magnesium, seng, tembaga, sodium, potasium, yang dapat memberikan manfaat untuk merangsang sel-sel sehat serta untuk menyeimbangkan fungsi organ tubuh guna memelihara kesehatan tubuh dengan baik.
  • Saponin (glikosida pinus basi), yaitu senyawa yang memiliki sifat anti-kanker yang memiliki struktur yang hampir sama dengan Ganoderma, ginseng dan herbal tonik terkenal lainnya.
  • Jelly gamat mengandung asam lemak yang mirip dengan minyak ikan seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang dapat membantu menyehatkan otak dan jantung.
  • Lektin, yaitu sebuah bentuk gula yang memiliki aktivitas anti-kanker dari Holothuria spp dan memiliki efek herapeutic pada HIV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *