Mengenal kanker kulit melanoma

Mengenal kanker kulit melanoma

Mengenal kanker kulit melanoma

jelly gamat bio gold | toko herbal jakarta | grosir

Mengenal kanker kulit melanoma – Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit, seperti bagian tubuh lainnya, juga butuh perawatan dan perlindungan agar tidak terpapar penyakit dan kerusakan yang membahayakan. Beberapa orang dengan jenis kulit tertentu bahkan berisiko terkena melanoma.

Mengenal kanker kulit melanoma

Apa itu melanoma? Ini adalah kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Pigmen tersebut juga yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet serta melindungi kulit dari kerusakan.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang termasuk paling jarang terjadi tetapi sangat berbahaya. Kondisinya bisa dimulai dari munculnya tahi lalat baru atau adanya perubahan pada tahi lalat yang sudah ada.

Saat seseorang mengalami melanoma, bagian tubuh yang umumnya menjadi titik kanker adalah wajah, tangan, punggung, dan kaki. Namun, tak menutup kemungkinan terjadi di daerah yang tidak terpapar sinar matahari, seperti telapak kaki dan telapak tangan.

Gejala melanoma antara lain adanya perubahan pada kulit, sakit kulit yang sulit sembuh, benjolan yang pucat atau merah dan berdarah, kulit merah, kasar, dan bersisik, serta ada noda di kulit yang menyebabkan sakit atau gatal. Bila mengalami gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Ada beberapa tahapan melanoma dilihat dari seberapa jauh penyebarannya dan jenis perawatan apa yang cocok, yaitu:

Stadium 0: Kanker hanya berada pada lapisan luar kulit.

Stadium 1: Ketebalan kanker mencapai 2 mm tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian lain.

Stadium 2: Kanker bia setebal 1.01 mm hingga lebih tebal dari 4 mm dan belum menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian lain.

Stadium 3: Kanker telah menyebar ke satu atau lebih kelenjar getah bening atau saluran limfatik di dekatnya, tetapi tidak ke tempat yang jauh. Kanker asli mungkin tidak lagi terlihat. Jika terlihat, mungkin lebih tebal dari 4 mm.

Stadium 4: Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang jauh atau organ, seperti otak, paru-paru, atau hati.

Penyebab pasti melanoma masih belum diketahui, tetapi ada orang dengan jenis kulit tertentu lebih rentan untuk mengembangkan melanoma dan ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko, seperti kecenderungan untuk mengembangkan bintik-bintik setelah terkena paparan sinar matahari, dan banyaknya jumlah tahi lalat.

Lainnya adalah orang dengan bintik-bintik cokelat, tanda lahir, kulit pucat yang tidak mudah kusam dan terbakar, mata dan rambut terang, faktor usia, dan orang yang sering terkena paparan sinar matahari.

Bila sudah terkena melanoma, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan terbaik sesuai kondisi.

Pada dasarnya perawatan kanker kulit mirip dengan kanker lain. Pembedahan adalah perawatan yang paling umum untuk melanoma. Ini melibatkan pengangkatan lesi dan beberapa jaringan normal di sekitarnya.

Jika melanoma menutupi area kulit yang luas, cangkok kulit mungkin diperlukan. Kemudian, bila kanker mungkin telah menembus ke kelenjar getah bening, biopsi kelenjar getah bening juga dapat dilakukan.

Ada juga perawatan lain yang bisa dilakukan meski kurang umum, yaitu kemoterapi, radiasi, terapi biologis menggunakan obat yang bekerja dengan sistem kekebalan tubuh, serta terapi photodynamic, yaitu kombinasi cahaya dan obat-obatan. Mengenal kanker kulit melanoma

Sebagai bentuk pencegahan untuk mengurangi risiko melanoma dan jenis kanker kulit lainnya, Anda bisa menghindari paparan sinar matahari terutama saat sedang terik antara pukul 10 hingga 4 sore, menggunakan tabir surya minimal SPF 15 dan aplikasikan ulang tiap 2 jam, gunakan pakaian yang tertutup, serta menggunakan kacamata hitam. Mengenal kanker kulit melanoma

sumber : https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/mengenal-kanker-kulit-melanoma

 

 

 Jelly Gamat Bio Gold  untuk kanker kulit :

  • Protein sebagai komponen untuk pertumbuhan sel-sel baru, memperbaiki jaringan yang rusak, memproduksi antibodi dan enzim, serta terdapat 18 asam amino dengan 9 asam emino esensial.
  • Colagen adalah bahan perekat tulang, penjaga elastisitas kulit, pembuluh darah dan merangsang regenerasi sel baik, dan juga menghambat penuaan dini serta membantu pertumbuhan jaringan otot, kulit & tulang.
  • Mucopolysaccharic atau Glycosaminoglycan berguna sebagai pengencer darah, penenang saraf, dan penghilang rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti kanker dan anti tumor, mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat.
  • Glukosamin & Kondroitin Sulfat berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan dan pembentukan cairan persendian atau sinovial sehingga meningkatkan pergerakan tulang dan sendi, menjaga keenceran darah, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak, mengatasi masalah arthritis & gangguan persendian.
  • Holothurin yang berkerja seperti anti septik alamiah & anti Kanker. Bahan anti virus, anti peradangan.
  • Omega 3, 6 dan 9 berguna untuk menurunkan kolestrol jahat (LDL), menyehakan jantung & pembuluh darah, mengurangi kekentalan darah, menutrisi otak dan jantung, meningkatkan kemampuan daya ingat dan mencegah kepikunan.
  • Gamapeptide berguna mengaktifkan pertumbuhan dan aktivitas sel-sel, menenangkan dan menstabilkan emosi, memelihara sirkulasi darah.
  • Kromium berguna meningkatkan kinerja pankreas, menstabilkan gula darah penderita diabetes.
  • Elemen Bioaktif membantu regenerasi sel-sel baru dan mempercepat penyembuhan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *